Mengapa saya menulis


 

Mengapa saya Menulis

Kesenangan saya terhadap membaca dan menulis sebenarnya sudah dimulai sejak saya lancar membaca dan menulis. Sejak saya duduk di bangku Sekolah Dasar, saya sudah hobi membaca dalam satu hari  bisa menghabiskan satu buku bacaan cerita yang dipinjam dari perpustakaan sekolah, jika sampai rumah saya sudah tidak sabar untuk segera membaca buku-buku yang sudah di pinjam, sambil tiduran dan kadang sampai tertidur hehe, yang masih saya ingat sampai sekarang buku yang pernah saya baca  adalah berjudul Tsunami, Sidney, Ternak ikan lele.Air payau, Ilmu Bumi.

 Dan hobi saya adalah mengoleksi buku-buku diary cantikو saya rela tidak jajan hanya untuk membeli buku diary dan ketika ulang tahun saya akan  sangat senang sekali jika dapat kado diary karena disitulah saya menuliskan segala hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari biasanya hanya, curahan hati. Ketika saya senang, saya tuliskan. Begitu pula ketika sedang sedih ataupun kesal dengan teman-teman. Dulu, pernah juga dengan polosnya saya menuliskan tentang rasa kekaguman saya terhadap seorang, di buku catatan sekolah saya. Sehingga ketahuan oleh orang tua dan akhirnya kena marah dikira pacarana he he

Hobi ini terus berlanjut hingga saya duduk di bangku kuliah. Saya tetap hobi menulis diary. Sehingga kalau dikumpulkan, koleksi diary itu sangat banyak sekali. Yang pada akhirnya, diary itu sebagian besar justru saya buang karena selama saya sekolah selalu diluar kota yaitu di pondok pesantren sehingga tidak bisa merawatnya. Juga saya merasa malu, pada tulisan dan curahan hati saya yang kala itu belum dewasa banyak alay dan lebaynya hehe. Hingga saya buat kesimpulan bahwa kemampuan menulis seseorang itu memang sangat berkaitan dengan konteks usia kedewasaan atau kematangan seseorang. Begitupun dengan jenjang pendidikan yang dilaluinya.

Orang boleh pintar setinggi langit. Namun jikania tidak menulis, maka ia akan hilang dari sejarah dan masyarakat.-.Saya sepakat dengan quote itu, bahwa salah satu cara agar kita dapat dikenang di masa yang akan datang nanti adalah melalui tulisan kita. Tapi saya belum tahu cara nya menulis bagaimana ?

Salah satu cara untuk mempertahankan pengetahuan adalah dengan menyampaikannya kembali. Baik secara lisan atau tulisan. Menulis dapat menjaga pengetahuan secara abadi, dan mengasahnya dengan bertambahnya pengetahuan lain. Karena ketika menulis, saya pasti akan kembali mencari tahu lewat membaca. Oleh karena itulah, saya harus menulis. Agar ilmu yang pernah saya dapatkan bisa saya simpan dalam catatan pribadi. Sehingga saya dapat membaca kembali, di waktu-waktu lainnya dan tulisan itupun dapat dibaca oleh anak- anak saya, juga dapat memotivasi peserta didik saya yang ada di MTs Negeri Semarang dan yang terakhir pastinya membuat bangga pasangan hidup saya hehe…

Yang terakhir, saya juga punya alasan khusus mengapa harus menulis. Saya senang mengamati, senang menganalisis, juga mengkritisi gejala-gejala di sekitar yang terkadang mengganggu  rasa idealisme saya terutama tentang Agama, kehidupan sosial dimasyarakat. Saya bukan seorang yang frontal secara lisan, karena saya tidak memiliki ilmu sebagai pembicara atau pendakwah yang mumpuni. Maka, saya harus bisa menulis Saya sangat ingin berbagi, juga berdiskusi. Mungkin ada satu, dua, atau beberapa tulisan saya yang nantinya mampu memberikan pemahaman pada orang di sekitar saya. Saya sangat berharap  tulisan yang saya tulis besok tidak hanya menjadi tulisan kosong yang tanpa makna. Tapi tulisan yang mampu mencerahkan, menebarkan kebaikan, dan membangun kesadaran positif bagi yang membacanya terutama dalam bidang agama. Saya ingin sekali mencoba menulis.

بارك الله فيكم 

Komentar

  1. Sip...isinya sangat menginspirasi

    BalasHapus
  2. Sangat memotivasi Bu Aan👍.... terimakasih 🙏

    BalasHapus
  3. Isi ceritanya mirip seperti ceritaku waktu SD Bu....hehehe😁

    BalasHapus
  4. Sangat menginspirasi sekali buu,, sangat bermanfaat untuk kita semua,,

    Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  5. Sangat memotivasi bu ceritanya hehe...

    BalasHapus
  6. Sanggat menginspirasi,terimakasih bu..

    BalasHapus
  7. Sangat menginspirasi banget bu🙏

    BalasHapus
  8. Cerita nya menginspirasi bu😁👍👍baguss

    BalasHapus
  9. Muhammad nurul hudha22 Februari 2021 pukul 21.14

    Keren bu... Menginspirasi

    BalasHapus
  10. masyaAllah, menginspirasi sekali bu aan

    BalasHapus
  11. 😢😱isinya sangat menginspirasi banget bu,

    Terima kasih bu🙏🙏

    BalasHapus
  12. Penuh inspirasi ... semangat Bund

    BalasHapus
  13. Saya senang membaca tulisan ini. Terimakasih sudah berbagi
    Ayooo terus menulis

    BalasHapus

Posting Komentar